Dheni's Blog

02 Juni 2012

Review: HTC One V - Tipis, Gaya dan Elegan

Hai sobat Dheni Jiro, sekarang kita akan membahas salah satu smartphone android keluaran HTC. Saingannya Samsung Galaxy W nih. Hhehe..
Ok, langsung aja..
HTC One Series sudah meluncur secara resmi di Indonesia. Acara peluncuran besar-besaran pun dibuat untuk menyambut kedatangan HTC One Series ini pada tanggal 20 April lalu di Annexe building, Wisma Nusantara, Jakarta.  HTC One yang hadir di Indonesia adalah HTC One V dan X.
Tiga hari setelah acara launching digelar, saya mendapatkan kiriman 1 buah HTC One V yang siap saya review untuk pembaca setia Jeruknipis.com. Kesan pertama saya memegang HTC One V ini, casingnya tipis, ringan dengan warna jupiter rock atau abu-abu tua. Apabila Anda ingat, bentuk HTC One V ini mirip sekali dengan HTC Hero, HTC Legend dan HTC Salsa. Apa yang membuatnya terlihat mirip? Karena bagian bawah HTC One V terlihat agak sedikit mencuat keatas. Dan sepertinya inilah yang menjadikan
namanya HTC One V karena kalau dilihat dari sisi samping seperti huruf  “V” (ini hanya menurut pengertian saya ya.:D).  Kami mendapatkan HTC One V BNIB (Brand New In-box) fullset berikut, charger, kabel data, headset dan beberapa buku manual. Seperti apa reviewnya? Simak tulisan saya berikut ini
Melihat tampilan depan yang full touch screen, terlihat kalau ini smartphone canggih. Meskipun ini adalah HTC One yang mempunyai spesifikasi menengah, tetapi jangan underestimate dulu dengan HTC One V ini. Dibagian depan terdapat tombol yang juga touch screen yaitu tombol back, home dan recent apps pada bagian bawahnya. Pada bagian belakang terlihat camera berukuran 5MP, LED Flash dan loudspeaker.  Pada sisi sebelah atas terdapat tombol power, LED notifikasi dan juga headset jack 3.5mm. Tombol volume pada sisi kanan, port microUSB pada sisi kiri. Bentuknya yang besar dengan dimensi 120.3 x 59.7 x 9.2 mm dengan berat 115 g terasa tipis dan nyaman ketika digenggam. Jauh dari kesan murah, terlihat elegan dan gaya kalau digunakan.
Layarnya berukuran 3,7 inch capacitive touchscreen, dapat menghasilkan 16juta  warna, beresolusi 480 x 800 pixels. Cukup jelas, terang dan terlihat jernih. Ketika ditest dibawah sinar matahari masih terlihat sangat jelas, biasanya kalau di smartphone lain akan terlihat gelap karena kalah dengan pantulan sinar matahari. Warna hitam yang dihasilkan pun cukup pekat.
Pada tampilan homescreen, seperti biasa HTC pasti menyematkan HTC Sense di smartphone Androidnya. Untuk HTC Sense sudah menggunakan versi terbaru yaitu v4.0. Dengan menggunakan HTC Sense pengguna bisa memasang widget yang diinginkan. HTC Sense ini mempunyai interface yang menarik. Lebih interaktif dan tidak membosankan karena animasinya sangat bagus.  Dalam keadaan ter lock, pengguna bisa mengoperasikan widget-widget ini langsung tanpa harus membuka keylock. Misalnya ingin mengaktifkan fitur camera, tinggal drag and drop icon camera di homescreen saja. Masih banyak sekali fitur HTC Sense yang menarik, misalnya weather widget, people widget, HTC Hub untuk mendownload aplikasi, widget dan wallpaper terbaru khusus HTC juga bisa mengakses smartphone HTC Anda secara remote dan lain-lain. Karena sudah menggunakan OS Android ICS, pada homescreen Anda juga bisa membuat folder aplikasi, misalnya folder aplikasi favorit.
Spesifikasi
  • Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
  • HSDPA, HSUPA
  • 1 GHz Qualcomm MSM8255 Snapdragon, GPU Adreno 205
  • LCD capacitive touchscreen, 16M colors resolusi 480 x 800 pixels, 3.7 inches
  • Kamera Belakang 5 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, LED flash Video Recording 720p
  • 4 GB, 512 MB RAM
  • Beats Audio Integration
  • Micro SD Slot support up to 32GB
  • Stereo FM radio with RDS
  • microUSB v2.0
  • GPS
  • Yes, v4.0 with A2DP, EDR
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, Wi-Fi hotspot
Kalau mau lihat spesifikasi lengkapnya bisa masuk ke di sini
Web browser di HTC One V juga sama seperti dengan smartphone HTC sebelumnya. Support untuk multitap browser, support flash dan juga fitur read untuk membaca content website dengan lebih ringan tanpa harus menampilkan banner dan image.
HTC menyematkan camera 5 MP untuk One V ini. Hasilnya, meskipun masih kalah jauh dengan kakaknya si One X, tetapi jangan menganggap remeh hasil foto dari HTC One V ini. Setelah kami test dalam kondisi Outdoor, Indoor dan makro, untuk camera smartphone dengan resolusi 5MP bisa dikatakan sangat bagus hasilnya untuk smartphone sekelasnya. Dilengkapi juga beberapa filter effect seperti vignette, depth of field, vintage, mono, country dan masih banyak lagi. Anda pun bisa memillih scene seperti HDR, white board, close up (makro) dan lain-lain dengan camera HTC One V ini. Berikut hasil foto outdoor, indoor dan makro menggunakan HTC One V tanpa hasil editing sedikitpun:
Multimedia, untuk suara dari headset bawaan karena HTC One V ini sudah didukung fitur Beats Audio sound enhancer, suara yang dihasilkan sangat bagus. Sayangnya sudah tidak dilengkapi lagi Headset Beats Audio seperti di HTC Sensation XE dan XL. Tetapi dengan headset bawaan standard HTC didukung dengan Beats Audio Sound Enhancer suaranya pun cukup jernih, tidak cempreng, dan gebukan Bass nya terasa sekali. Diajak bermain game, mendengarkan lagu MP3, streaming Youtube sangat menghibur. Loudspeaker pun tidaklah mengecewakan.
Dengan Spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, tetapi ada yang kurang apabila tidak saya benchmark, berikut hasil benchmark menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store seperti Quadrant, Vellamo dan lain-lain
Saya juga coba untuk bermain game. Saya test bermain Temple Run, Angry Birds Space dan Assaulter berjalan lancar. Tidak terdapat lag yang berarti ketika diajak bermain game sehingga tidak mengganggu sedikitpun. Waktu menunggu pun menjadi lebih menyenangkan untuk bermain game di HTC One V ini.Banyak disediakan game-game keren yang berkualitas dan tampilan grafis yang menarik di Google Play Store.

Portable WiFi hotspot pun tersedia sebagai fitur standar di HTC One V. Untuk smartphone HTC portable WiFi Hotspot ini bisa terhubung hingga 8 perangkat. Sudah saya test juga dan  dapat berjalan lancar.
Baterai dari sisi penggunaan saya sendiri, ternyata sudah cukup bagus. Menggunakan baterai Li-Ion dengan daya 1500 mAh yang tidak bisa dilepas karena memang posisi belakang hanya terdapat cover untuk SIM Card dan memori card slot, dengan pemakaian email kantor, twitter, facebook, Instagram, Path, foto-foto, browsing, mendengarkan MP3, bermain game dan lain-lain mulai baterai 100% hingga 20% kurang lebih 8 jam pemakaian. Sisa 20% itu seharusnya masih bisa kuat untuk 1 jam kedepan dalam posisi standby.
Pros:
  • Sudah menggunakan OS Android 4.0 ICS
  • HTC Sense 4.0
  • Beats Audio integration
  • Dilihat dari bentuk dan bahan casing terkesan mahal dan elegan
  • Baterai irit, tetapi tergantung dengan kondisi jaringan
Cons:
  • Tidak ada headset Beats Audio dalam paket pembelian
  • Camera hanya 5MP
Kesimpulan:
Smartphone HTC One V ini memang salah satu smartphone dari One Series yang di banggakan oleh HTC. Meskipun HTC One V masuk kategori menengah, tetapi dengan harga dibawah Rp 3 juta, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone sekelas seharga 4 jutaan. Sayangnya sudah tidak disediakan lagi headset Beats Audio di dalam paket penjualan, tetapi ini justru bisa menekan harga karena headset Beats Audio sendiri seperti yang kita tahu harganya tidaklah murah. Apabila headset beats audio masih di paketkan dalam penjualan HTC One V ini, harga pasti dibanderol diatas Rp 3 juta. Untuk yang ingin membeli HTC One Series apabila One X dirasa masih belum masuk budget, solusinya bisa memilih HTC One V dengan harga yang lebih terjangkau dan fitur tidaklah mengecewakan

3 komentar:

  1. mantap nian gan ...

    tunggu harga turun sampai pas ma kantong ...

    BalasHapus
  2. hp ini memang keren kok.....
    sya make hp ini....hahhhahaaayy

    BalasHapus