Dheni's Blog

28 Februari 2012

Tips Memilih Smartphone Yang Cocok Dengan Kebutuhan anda


Mungkin bisa dikatakan ini bukanlah smartphone pertama yang Anda beli. Mungkin juga smartphone yang Anda butuhkan terlalu rendah spesifikasinya. Mungkin juga, Anda orang yang mudah bosan sehingga memang sering sekali berganti-ganti smartphone model terbaru. Tetapi, tahukah Anda sebenarnya smartphone seperti apa yang dapat memenuhi kebutuhan Anda?

Setiap tahun perkembangan smartphone cukup pesat. Dengan teknologi yang semakin maju membuat semua produsen smartphone berlomba-lomba menciptakan smartphone canggih dan sophisticated. Mulai dari harga termurah hingga harga paling mahal, mulai buatan lokal hingga mancanegara memproduksi smartphone andalannya. Tetapi apakah canggih dan mahal itu yang anda butuhkan untuk sehari-hari? Kami akan mencoba membahasnya satu persatu, dimana berikut adalah hal-hal penting yang biasanya diperhatikan apabila ingin membeli sebuah smartphone. semoga bermanfaat.


  • Sistem operasi
Sistem operasi menjadi salah satu peran penting dalam memilih smartphone. Bermacam-macam sistem operasi yang ditawarkan, tetapi yang cukup populer di Indonesia adalah:
  • BlackBerry
  • iOS (iPhone)
  • Android
  • Windows Phone
  • Symbian
Semua yang disebutkan mempunyai kelebihan masing-masing. Misal BlackBerry unggul di push email dan juga BlackBerry Messenger-nya. Untuk iOS kelebihannya adalah di social media, games dan juga camera. Untuk Android mempunyai kelebihan open source sehingga banyak aplikasi-aplikasi gratis yang tidak kalah hebat dengan pesaing-pesaingnya. Windows Phone sekarang juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena multimedianya yang cukup menarik. Apabila Anda pencinta Nokia, Symbian adalah sistem operasi yang dibenamkan di Nokia hingga saat ini dan bisa dikatakan tetap menarik dan mudah penggunaannya.

  • Ukuran dan dimensi
Ukuran salah satu faktor daya tarik juga. Smartphone yang nyaman biasanya yang nyaman digenggam dan ringan. Tetapi kembali lagi kemasing-masing individu. Biasanya material yang digunakan umumnya plastik tetapi sekarang juga mulai mengkombinasikan antara plastik dengan aluminium (unibody). Menggunakan unibody berarti yang harga yang ditawarkanpun biasanya juga tidaklah murah

  • Bentuk dan tampilan
Bentuk juga biasanya pertimbangan yang lumayan penting. Karena tidak semua orang menyukai form factorsliding keypad. Tetapi banyak juga yang menyukai model touchscreen. Tetapi umumnya orang menyukai yang menggunakan QWERTY keypad.


  • Layar
Layar yang nyaman adalah layar yang cukup besar dan mempunyai kejernihan warna yang bagus. Spesifikasinya pun mulai dari non touch screen hingga touchscreen. Sebaiknya diperhatikan apabila ingin membeli smartphone minimal materialnya adalah TFT LCD, mempunyai warna minimal 256k colors, capasitive apabila layar sentuh dan resolusi yang cukup tinggi. Semakin tinggi resolusi semakin halus gambar yang dihasilkan. Sekarang ini material LCD terbaik adalah retina display seperti pada iPhone4, Super AMOLED produksi Samsung, NOVA LCD yang digunakan pada LG Optimus Black. Pastinya smartphone yang menggunakan LCD tersebut masuk kategori smartphone high end.

  • Prosesor
Prosesor penting dalam menjalankan aplikasi. Kecepatan prosesor menentukan cepat atau tidaknya sebuah aplikasi berjalan. Pada zaman sekarang prosesor minimal mempunyai kecepatan 600 Mhz. dan hingga saat ini sudah mencapai 1.2 Ghz Dual Core. Apabila Anda banyak menjalan aplikasi berat seperti bermain games sebaiknya pertimbangkan untuk mengambil minimal kecepatan 1Ghz. Smartphone high end mempunyai prosesor minimal 1Ghz pada umumnya.

  • Koneksi/jaringan
Jaringan untuk sebuah smartphone minimal mempunyai koneksi HSDPA pada zaman sekarang apabila menggunakan jaringan GSM. Untuk jaringan CDMA pilihlah yang sudah mendukung jaringan EV-DO.  Untuk koneksi seperti Bluetooth, WiFI dan juga GPS biasanya hampir semua smartphone memilikinya. Sudah menjadi fitur standar untuk smartphone mid-end.

  • Internal dan external memori
Memori internal pun juga menjadi peranan penting dalam memilih smartphone. Karena kita juga banyak menyimpan data-data penting hingga foto-foto juga lagu-lagu format MP3 yang biasanya menjadi teman kita sehari-hari. Untuk smartphone high end banyak yang sudah menggunakan internal memori yang besar mulai dari 1Gb hingga 32 Gb. Tetapi untuk smartphone mid-end biasanya kita menggunakan memori external seperti MicroSD untuk menambahkan kapasitas penyimpanan.

  • Camera
Untuk sebuah smartphone canggih sekarang ini sudah mempunyai resolusi 8MP Autofocus, LED Flash, face detection dan juga support geo tagging. Tetapi untuk smartphone mid end mungkin hanya mempunyai resolusi 5MP mungkin malah ada yang masih menggunakan 3.2 MP.

Anda sebagai pengguna smartphone tentu mempunyai keinginan memiliki smartphone canggih. Tetapi canggih juga belum tentu Anda membutuhkannya. Kebutuhan akan sebuah smartphone pada zaman sekarang  sebenarnya hanya bagian dari gaya hidup dan menjadi sebuah daya tarik untuk yang menggunakannya. Sebaiknya dalam aktifitas sehari-sehari pertimbangkan terlebih dahulu kepentingannya. Jangan hanya karena gaya dan gengsi, Anda rela membuang uang banyak hanya untuk membeli sebuah smartphone high end.Dalam membeli gadget sesuaikanlah dengan dana dan kebutuhan, jangan sampai diperbudak oleh Gadget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar